Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perbandingan Health-Related Quality of Life (HRQoL) antara penderita penyakit ginjal kronik dengan non penyakit ginjal kronik pada penduduk asli Desa Pedawa Buleleng Bali

Abstract

Latar belakang: Kualitas hidup penderita penyakit ginjal kronik (PGK) perlu diketahui untuk menyiapkan strategi pencegahan dan managemen yang efektif dalam mengatasi masalah morbiditas, mortalitas serta pembiayaan kesehatan yang ditimbulkan oleh peningkatan prevalensi PGK dengan meningkatnya faktor risiko diabetes melitus, hipertensi dan obesitas di masyarakat sekaligus untuk meningkatkan kualitas hidup penderita PGK. Tujuan penelitian ini untuk menentukan prevalensi PGK dan membandingkan kualitas hidup PGK dengan non PGK pada penduduk asli Desa Pedawa Buleleng Bali.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian epidemiologi observasional potong lintang analitik untuk menentukan prevalensi PGK dengan menggunakan formula eGFR CKD EPI dan menilai kualitas hidup dengan menggunakan kuesioner KDQOL SF36 pada penduduk asli Desa Pedawa Buleleng Bali pada Agustus 2016.

Hasil: Penelitian ini mendapatkan prevalensi PGK dengan menggunakan eGFR CKD EPI sebesar 10%. Pada Uji Mann Whitney didapatkan PGK berhubungan secara bermakna dengan Kualitas Hidup terkait Kesehatan pada dimensi Fungsi Fisik dan Keterbatasan Fisik (p<0,05) sementara pada dimensi lain seperti Fungsi Sosial, Kesehatan Mental, Kesehatan Secara Umum, Keterbatasan Emosional, Nyeri Tubuh dan Vitalitas tidak bermakna (p>0,05). Pada Uji Model Linear Umum didapatkan pengaruh variabel usia terhadap Fungsi Fisik, Kesehatan Secara Umum, Keterbatasan Fisik, Nyeri Tubuh dan Vitalitas. Variabel jenis kelamin mempengaruhi dimensi kesehatan secara umum. Merokok mempengaruhi dimensi Fungsi sosial dan Obesitas berpengaruh terhadap kualitas hidup Keterbatasan Fisik.

Kesimpulan: skor kualitas hidup kelompok PGK lebih rendah dibandingkan dengan non PGK dan didapatkan hubungan yang signifikan dengan Kualitas Hidup Dimensi Fungsi Fisik dan Keterbatasan Fisik.

How to Cite

Dewi, N. M. P. P., Loekman, J. S., Widiana, I. G. R., & Kandarini, Y. (2018). Perbandingan Health-Related Quality of Life (HRQoL) antara penderita penyakit ginjal kronik dengan non penyakit ginjal kronik pada penduduk asli Desa Pedawa Buleleng Bali. Medicina, 49(3). https://doi.org/10.15562/medicina.v49i3.343

HTML
277

Total
247

Share

Search Panel

Ni Made Putri Purnama Dewi
Google Scholar
Pubmed
Medicina Journal


Jodi Sidartha Loekman
Google Scholar
Pubmed
Medicina Journal


I Gde Raka Widiana
Google Scholar
Pubmed
Medicina Journal


Yenny Kandarini
Google Scholar
Pubmed
Medicina Journal