Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Medicina
Aturan Penulisan

Silahkan unduh template penulisan artikel disini.  

Ketentuan Umum

  1. Semua naskah yang dikirim ke Medicina harus ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik, benar, baku, jelas, dan singkat. Artikel yang telah dipublikasikan di tempat lain sebelumnya, baik dalam bentuk cetak atau elektronik, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk publikasi di jurnal lain, akan dipertimbangkan untuk publikasi.
  2. Kami merekomendasikan bahwa artikel penelitian tidak boleh melebihi 6.000 kata dan laporan kasus tidak boleh melebihi 3.000 kata.
  3. Menggunakan pengukuran Sistem Satuan Internasional (SI) dan singkatannya adalah wajib di seluruh naskah.
  4. Nama obat generik harus digunakan di seluruh naskah.
  5. Format yang disukai untuk naskah adalah format Microsoft Word (.doc, .docx), dengan spasi ganda, 12-pts, font Times New Roman (termasuk bagian abstrak dan referensi), tanpa nomor halaman atau nomor baris, dan dalam format satu kolom.
  6. Pastikan bahwa semua tabel dan gambar telah dikutip dalam naskah.

 

Siapa yang berhak dicantumkan sebagai penulis?

Menurut pedoman Komite Medis Internasional Editor Jurnal Medis (ICMJE), kriteria soal penulis harus didasarkan pada:

  1. Kontribusi yang substansial untuk konsep, desain, pengumpulan data, analisis data, atau interpretasi data
  2. Merancang artikel atau merevisinya secara bermakna
  3. Persetujuan final dari versi naskah yang akan diterbitkan
  4. Kesepakatan bahwa semua nama yang tercantum sebagai penulis berbagi tanggung jawab atas semua aspek naskah ini, dan memastikan bahwa semua pertanyaan yang mungkin akan timbul terkait dengan keakuratan atau integritas tulisan ini akan diselesaikan dengan tepat.

Keterangan lengkap dapat ditemukan pada laman ini.  

Menambah atau mengurangi penulis

Medicina tidak mengizinkan perubahan/penambahan/penghapusan penulis setelah naskah dikirim. Mengubah urutan penulis setelah naskah dikirimkan juga dilarang. Pastikan nama dan urutan penulis sudah benar dan sesuai saat naskah dikirim.

 

Proses penilaian atau ulasan dari rekan sejawat (peer review)

Jurnal ini menggunakan proses ulasan dengan metode double-blind, yang berarti identitas pengulas tidak diketahui oleh penulis, dan juga sebaliknya. Semua naskah pada awalnya akan dinilai oleh editor untuk memastikan bahwa ruang lingkup naskah sesuai dengan ruang lingkup jurnal. Naskah yang dianggap sesuai kemudian dikirim ke setidaknya dua orang pengulas independen untuk menilai kualitas ilmiah naskah tersebut.

Editor kemudian menilai ulasan tersebut dan bertanggung jawab atas keputusan akhir tentang penerimaan atau penolakan artikel. Keputusan Editor bersifat final dan tidak diadakan surat menyurat.

 

Berikut beberapa tips untuk naskah laporan penelitian

Judul

Judul sebaiknya singkat, padat, dan menjelaskan mengenai temuan penting pada penelitian. Hindari menggunakan singkatan pada judul.

 

Abstrak

Abstrak tidak boleh melebihi 250 kata. Abstrak harus bisa berdiri sendiri. Penulisan referensi tidak diperbolehkan pada abstrak. Hindari singkatan yang tidak standar atau tidak biasa, tetapi jika perlu, maka singkatan harus didefinisikan pada penyebutan pertama dalam abstrak.

Untuk naskah laporan penelitian, kami meminta abstrak dibuat secara terstruktur, yang meliputi: Latar belakang (termasuk tujuan penelitian), Metode, Hasil, Diskusi, dan Kesimpulan. Untuk artikel laporan kasus, abstrak tidak perlu dibuat secara terstruktur.

 

Kata kunci

Berikan kata kunci sebanyak 3-6 buah. Agar makalah Anda lebih mudah ditemukan saat daring, kami sarankan kata kunci tidak mengandung kata-kata yang sudah disajikan dalam judul.

 

Pendahuluan

Berikan latar belakang yang memadai mengapa Anda melakukan penelitian ini. Hindari memberikan sitasi atau referensi yang berlebihan pada Pendahuluan. Nyatakan tujuan penelitian pada paragraf terakhir Pendahuluan.

 

Bahan dan Metode

 

Untuk penelitian yang melibatkan manusia, silakan ketik sebagai Pasien dan Metode. Untuk studi yang tidak melibatkan studi manusia, seperti laboratorium atau hewan, silakan ketik sebagai Bahan dan Metode.

Manuskrip yang melaporkan studi tentang subyek manusia, data manusia, atau jaringan pada manusia atau hewan, harus menyertakan pernyataan tentang etika. Harap sertakan nama komite yang menyetujui penelitian dan nomor kelaikan etik.

Untuk penelitian yang melaporkan subyek manusia, kami juga memerlukan pernyataan yang jelas bahwa semua subjek yang terlibat dalam penelitian telah memberikan persetujuan tertulis (informed consent) untuk dimasukkan dalam penelitian ini.

Dalam kasus di mana rincian atau gambar yang berkaitan dengan peserta subjek dimasukkan, penulis harus mendapatkan persetujuan tertulis untuk mempublikasikan rincian dari subjek. Jika ini tidak memungkinkan, persetujuan tertulis harus diambil dari orang tua subjek atau wali yang sah. Penulis harus secara eksplisit menyatakan ini di sini. Penulis harus dapat memberikan surat persetujuan tersebut apabila Editor meminta penulis untuk melakukannya.

Metode harus mencakup setidaknya: jenis dan bentuk penelitian, cara pengambilan sampel, lokasi dan waktu penelitian, kriteria inklusi dan eksklusi, prosedur penelitian, dan tehnik analisis data.

 

Hasil

Untuk hasil yang melibatkan tabel dan gambar, kami merekomendasikan bahwa jumlah maksimum empat buah tabel dan empat buah gambar. Semua gambar dan tabel yang diambil dari publikasi lain harus menyertakan izin tertulis dari penulis dan penerbitnya untuk diterbitkan kembali dalam jurnal kami jika naskah Anda diterima.

 

Diskusi

Bagian ini harus menyajikan kajian implikasi teoretis, empiris, penerapan hasil penelitian, dan juga kelemaham penelitian. Diskusi tidak hanya mengulangi temuan. Keterbatasan penelitian harus diakui secara eksplisit.

 

Kesimpulan

Kesimpulan utama dari penelitian ini dapat disajikan dalam bagian Kesimpulan singkat. Penarikan kesimpulan harus didasarkan atas data pada hasil penelitian.

 

Konflik Kepentingan

Setiap pendanaan dan/atau hibah yang diterima oleh salah satu penulis sehubungan dengan penelitian ini harus dinyatakan di sini. Tolong jelaskan peran sponsor, jika ada, di salah satu tahap dari desain studi hingga pengajuan makalah untuk publikasi. Jika penulis tidak memiliki hal untuk dilaporkan, maka tuliskan: Penulis tidak memiliki konflik kepentingan pada penelitian ini.

Daftar Pustaka

Kutip kepustakaan sesuai urutan yang muncul dalam naskah. 

  1. Sitasi harus diketik dalam angka superskrip tanpa tanda kurung (mis. 1). 
  2. Untuk referensi berurutan dari tiga atau lebih, gunakan tanda hubung antara referensi pertama dan terakhir (mis. 2-4). 
  3. Nomor harus ditempatkan setelah tanda baca. (mis. Ini kalimat contoh.5
  4. Untuk detail panduan referensi, silakan kunjungi laman referensi ini.